Hasil Tes DNA, Manusia Ujung Karang dan Mendale Endatu Urang Gayo

Medan – Setelah ditunggu beberapa bulan, akhirnya hasil tes Deoxyribo Nukleid Acid (DNA) kerangka manusia pra sejarah loyang (gua-red) Ujung Karang dan loyang Mendale Kecamatan Kebayakan Kabupaten Aceh Tengah dinyatakan secara absolut sama dengan dua orang warga kawasan tersebut.

“Hasil tes DNA 2 kerangka manusia pra sejarah di loyang Ujung Karang dan Mendale sudah saya terima dan hasilnya positif sama dengan pak Khaldun dan Darul Aman,” kata Ketut Wiradnyana, ketua tim Arkeolog dari Balai Arkeologi Medan Sumatera Utara kepada Lintas Gayo, Senin 18 Maret 2013.

Ini artinya, lanjut Ketut yang secara berkelanjutan melakukan penelitian di kedua lokasi tersebut sejak beberapa tahun silam ini, kerangka manusia pra sejarah tersebut adalah benar sebagai nenek moyang Urang Gayo.

Dirincikan Ketut, kerangka yang di uji DNA berumur sekitar 4400 tahun untuk di loyang Ujung Karang dan sekitar 3000 tahun untuk loyang Mendale. Sementara sampel darah 2 warga setempat yang diambil, Khaldun mewakili keluarga pemilik loyang Ujung Karang dan Darul Aman untuk loyang Mendale.

Sumber: LintasGayo.com (18 Maret 2013), Diakses: 24 Maret 2013

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *