Kantor BPS Aceh Diresmikan

Banda Aceh –  Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Republik Indonesia, DR. Suryamin MSc meresmikan pemakaian gedung BPS Aceh dan 11 kantor BPS kabupaten/kota di seluruh Aceh. Peresmian gedung-gedung baru Kantor BPS Aceh dan BPS kabupaten/kota itu dihadiri Gubernur Aceh, Zaini Abdullah, Rabu (9/1) di Jalan Tgk Daud Beureueh, Banda Aceh.

Kepala BPS Aceh, DR Syech Suhaimi, Rabu (9/1) mengatakan, gedung BPS Aceh dibangun dengan dana Anggaran Pendapatan dan Belanjar Negara (APBN) tahun 2011 senilai Rp 8,9 miliar. Bangunan tersebut sudah selesai dibangun dan sudah ditempati sejak tanggal 9 Januari 2011 lalu, namun karena banyak perlengkapan kantor yang belum ada, sehingga peresmian diundur setahun setelah itu.  Semula, katanya, peresmian direncanakan tanggal 12 Desember 2012, dan diundur kembali hingga tangga 9 Januari 2012. Selain meresmikan gedung BPS Aceh, 11 unit gedung BPS pada 11 kabupaten/kota juga ikut diresmikan serentak.

“Dengan peresmian gedung baru ini akan meningkatkan kinerja para pegawai BPS Aceh dan kabupaten/kota dalam pengumpulan dan pengolahan data,” ujar Syech Suhaimi.

Gubernur Aceh Zaini Abdullah mengatakan, banyak data BPS yang digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan, terutama perbaikan perekonomian masyarakat Aceh pascatsunami dan konflik. Ia mengakui, banyak data yang disajikan BPS Aceh sudah dijadikan dasar untuk pengambilan keputusan. Sebagai contoh, data statistik digunakan untuk kebijakan menekan tingkat kemiskinan dan tingkat pengangguran di Aceh.

“Banyak data BPS yang kita gunakan sebagai kerangka dasar untuk penentuan kebijakan pemerintah baik kebijakan bidang ekonomi maupun bidang sosial lainnya,” ujar Zaini Abdullah.

Sumber: Serambinews.com (10 Januari 2013), Diakses: 24 Maret 2013

Tags:

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *