Musrenbang Sebagai Langkah Awal

Memasuki awal Februari 2017 ini, seluruh kecamatan se Kabupaten Gayo Lues akan mengadakan Musrenbang Kecamatan untuk perencanaan tahun 2018. Musrenbang ini merupakan tahapan selanjutnya setelah pada akhir januari lalu telah dilaksanakan musyawarah tingkat kampung yang dilaksanakan serentak pada minggu yang sama. Musrenbang Kecamatan tahun 2017 ini akan dibuka secara resmi oleh Bupati Gayo Lues pada tanggal 6 Februari 2017 di Kecamatan Dabun Gelang dan tiga hari kemudian tepatnya pada tanggal 9 Februari 2017 akan ditutup di Kecamatan Kuta Panjang.


Tahun ini, musrenbang mengambil tema ” Meningkatkan Kualitas Infrastruktur, Ekonomi dan Ketenagakerjaan untuk Mendorong Peningkatan Kualitas Pelayanan Dasar, Mengurangi Angka Kemiskinan dan Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat”.

Seperti telah diketahui bersama, Musrenbang Kecamatan ini merupakan sebuah wadah untuk memantapkan usulan dari seluruh pemangku kepentingan untuk kemudian dimusyawarahkan secara terbuka demi mendapatkan kata mufakat dalam menempatkan prioritas dari seluruh usulan yang telah dirumuskan dalam forum Musrenbang Kampung. Kegiatan Musrenbang Kecamatan ini merupakan saringan awal sebelum usulan dibawa ke jenjang yang lebih tinggi dalam Musrenbang Kabupaten dan Forum SKPK. Dalam Musrenbang Kecamatan ini seluruh masukan dan usulan yang masuk akan diklarifikasi, dikonfirmasi atau bahkan dikoreksi untuk mendapatkan sebuah kumpulan usulan yang benar-benar sesuai kebutuhan kampung atau lintas kampung.

Musrenbang Kecamatan tahun 2017 ini sangat istimewa karena kegiatan tahunan ini merupakan momen terakhir Bupati Gayo Lues Periode 2012-2017 untuk ikut bersama-sama dalam kegiatan musrenbang kecamatan, sehingga diharapkan kegiatan ini dapat meninggalkan kesan yang mendalam, tidak hanya bagi Bapak H. Ibnu Hasyim, S.Sos, MM, juga pada seluruh lapisan masyarakat Gayo Lues. Selain itu, Musrenbang Kecamatan tahun ini juga sekaligus sebagai tonggak awal sebuah perjalanan pembangunan daerah Gayo Lues untuk periode lima tahun ke depan di bawah kepemimpinan kepala daerah yang baru.

1 thought on “Musrenbang Sebagai Langkah Awal”

  1. assalamu’alaikum pak saya jonaidi mahasiswa gayo lues sedang menempuh pendidikan strata 1 di jombang jawa timur, saya minta informasi beasiswa dari pemda untuk melanjutkan S2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *